Tuesday, February 22, 2005

Renovating the Brand for SSKom

Berikut ini masukan dari rekan Happy :

Dear rekan di SSKOM,

Sekilas menyimak perjalanan SSKOM, ada beberapa usulan garis besar (outline) perubahan identitas korporat (corporate identity) sejalan dengan perkembangan internal dan eksternal yang telah, sedang dan akan terjadi. Beberapa hal yang mengemuka antara lain:

1. Ruang lingkup usaha, skala kerja dan hubungan, baik internal maupun ekternal yang terjadi di SSKOM menuntut perubahan pola interaksi yang diimplementasikan ke dalam identitas korporat.
2. Menyikapi hal pertama di atas, perlu adanya renovasi identitas korporat. Renovasi tersebut bukan hanya sebatas perubahan/pembenahan identitas korporat namun juga perubahan internal terhadap pola dan budaya kerja.
3. Upaya perubahan/pembenahan tersebut dilakukan dengan mengimplementasikannya ke dalam media korporasi seperti website, leaflet, company profile, kertas surat dan media lainnya yang diperlukan.
4. Selain pada media korporasi, perubahan/pembenahan identitas tersebut harus juga dilakukan di dan ke dalam organisasi dan tata usaha (manajerial), sehingga diharapkan perubahan/pembenahan ini berdampak signifikan terhadap kinerja perusahaan dan citra perusahaan (corporate image building).
5. Saat ini, menjelang 10 tahun SSKOM, adalah momen yang tepat untuk melakukan perubahan/pembenahan identitas korporat ini.

Sebelum pada pelaksanaan perubahan/pembenahan tersebut, berikut ada beberapa hal yang perlu didiskusikan.

1. Apa rencana kerja SSKOM 5 tahun mendatang?
2. Citra yang bagaimana yang diharapkan publik terhadap SSKOM?
3. Citra seperti apa yang diharapkan pelanggan terhadap SSKOM?
4. Ingin menjadi seperti apa SSKOM 5 tahun mendatang?
5. Pengembangan jasa/layanan apa yang mungkin dilakukan pada kurun waktu 5 tahun ke depan?
6. Apakah pengembangan pada no. 5 tersebut berdampak pada core business SSKOM?
7. Perubahan/pembenahan identitas korporat ini apakah akan dilaksanakan secara periodik atau berubah sama sekali (identitas baru)?
8. Apakah SSKOM akan mengeluarkan brand baru untuk produk/jasa/layanan di luar brand SSKOM?
9. Alasan utama apa yang menjadikan SSKOM ingin melakukan perubahan/pembenahan identitas korporat?
10. Jika perubahan/pembenahan identitas korporat ini dilakukan, kendala utama apa yang mungkin dihadapi?

Sementara itu dulu.

Salam,
Happy Hanantoputro

|